Minggu, 22 Maret 2015

Cara membuat pupuk kompos atau bhokasi dari kotoran ternak

Cara membuat pupuk kompos atau bhokasi


Cara membuat pupuk kompos - Bhokasi merupakan pupuk kompos yang dihasilkan melalui proses fermentasi bahan organik dengan teknologi mikroba matrik / mikroorganisme,untuk mendapatkan hasil yang berlimpah pada bidang pertanian ,Bhokasi adalah hal penting yang wajib kita gunakan  untuk meningkatkan hasil panen juga memperbaiki kesuburan tanah supaya dimasa panen selanjutnya dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia dengan hasil panen jauh lebih baik/unggul.pada kesempatan ini kami akan membahas cara membuat pupuk kompos atau pembuatan bhokasi melalui program HCS agar kualitas pupuk jauh lebih baik dengan waktu pembuatan yang relatip singkat bila di bandingkan dengan cara konvensional.

Untuk menghasilkan pupuk kompos dengan kualitas sangat baik maka gunakanlah mikroba matrik SOT (suplemen Organik Tanaman) pada saat pembuatan pupuk kompos atau bhokasi.

Suplemen Organik Tanaman ( SOT ) merupakan produk unggulan dari  HCS untuk pengembangan atau meningkatkan hasil di bidang pertanian. SOT sendiri merupakan salah satu jenis pupuk organik yang mengandung lima puluh dua mikroba laktogen yang berfungsi sebagai penyubur, pembenah, dan penyehat tanah. Juga terdapat unsur hara makro dan mikro yang seimbang untuk tanaman, senyawa bioaktif, hormon pertumbuhan, vitamin dan hara esensial bagi tanaman juga mengandung anti hama.

Bahan untuk pembuatan bokashi dapat diperoleh  dengan mudah di sekitar lahan pertanian, seperti jerami, rumput, tanaman kacangan, sekam,  pupuk kandang atau serbuk gergajian. Namun bahan yang paling baik digunakan sebagai bahan pembuatan bokashi adalah dedak karena mengandung zat gizi yang sangat baik untuk mikroorganisme.

Berikut cara membuat pupuk kompos dengan pola HCS supaya kualitas pupuk lebih baik dan waktu pembuatan relatif singkat :

1. Bahan bahan
  • 800kg    KoHe ( Kotoran Hewan yang sudah menggunakan Pola Ternak HCS/ Pakan    Fermentasi).
  • 50kg    Dolomit.
  • 50kg    Katul/Dedak.
  • 150kg   Sekam/Brambut/Gergajian Kayu Sengon/Abu Sekam.
  • 0.25kg   Gula pasir ( diencerkan ).
  • 2L    Suplemen Organik Tanaman HCS ( 4botol ).
2. Semua bahan dicampur merata.
3. di beri Air dicampurkan sampai mammel/ngepyur/setengah basah.
4. ditutup/difermentasikan dalam drum/gentong/terpal selama 3hari ( 3x24jam ).
5. didinginkan.
6. digunakan/disebarkan dilahan anda.


Cara diatas tadi adalah cara pembuatan pupuk kompos dengan kotoran ternak yang sudah menggunakan pakan dengan Suplemen Organik Cair (SOC).Baca juga cara mengolah kotoran ternak menjadi sumber penghasilan tetapi untuk pembuatan pupuk kompos dengan bahan kotoran hewan yang belum menggunakan pakan SOC sebaiknya ikuti langkah-langkah sebagai berikut :


1. Tahap pertama adalah membersihkan kotoran dari bibit hama, gulma dan fungi

  •  Larutkan 2 botol Phefoc kedalam air secukupnya.
  • Gelar terpal untuk tempat kororan ternak yang hendak di semprot
  • Semprotkan larutan PHEFOC secara merata dengan membuat lapisan dedikit demi sedikit
  • Bila perlu tambahkan air dan diaduk sampai kandungan air 30% (cirinya: air tidak menetes/setangah basah dan bila dikepal susah pecah)
  • Masukan kedalam tempat yg tertutup rapat/ sak plastik  untuk proses fermentasi selama 1 x 24 jam
2. Ikuti tahapan car pembuatan pupuk kompos seperti diatas tadi.Jangan lupa baca juga cara pembuatan pakan lele dari kotoran ternak

Catatan
Ciri ciri Fermentasi yang berhasil adalah menghasilkan panas.dan bau amoniak berkurang .KLIK DISINI untuk cara pemesanan SOT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar