Jumat, 20 Maret 2015

Cara membuat pakan ikan lele

Cara membuat pakan ikan lele - Budidaya lele merupakan salah satu usaha yang sedang banyak diminati saat ini,karna selain pasar ikan lele yang terbuka luas juga didalam pemeliharaan yang sangat mudah untuk dilakukan sendiri tanpa harus mencari tenaga ahli,maksudnya agar  pengeluaran dalam budidaya ikan lele dapat kita tekan sekecil mungkin agar pendapatan dari hasil panen ikan lele lebih besar,dan solusi untuk semua ini bisa kita lakukan dengan pemberian pakan lele buatan sendiri,simak baik-baik karna diartikel kali ini kami akan membahas tentang cara membuat pakan ikan lele ,yang lebih mudah dengan bahan yang akan kita gunakan limbah yang banyak di sekitar kita.

 
Cara membuat pakan ikan lele

Cara membuat pakan ikan lele


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam budidaya ikan lele maka akan kami bahas tentang cara membuat pakan ikan lele melalui proses fermentasi menggunakan Suplemen Organik Cair ( SOC ).

 

Berikut bahan - bahan untuk membuat pakan ikan lele :


1. Kotoran ternak 30% (disarankan kotoran dari ternak yang sudah menggunakan pakan fermentasi SOC)
2. Ampas tahu/bungkil kedelai  :  15%
3. Tepung ikan (bisa pakai kepala udang) :  10%
4. Katul/dedak halus  :  25%
5. Terasi (direbus hingga mendidih)  : 10%
6. Tepung daun (bisa pakai sisa sayuran pasar) : 5%
7. Bulu ayam (haluskan)  :  5%
8. SOC HCS
9. Gula pasir

Catatan : untuk bahan baku kita sesuaikan dengan bahan yang banyak di sekitar kita

Cara  pembuatan pakan ikan lele

  1. Setelah didapat ukuran bahan baku yang pas tersebut di atas, campur semua bahan baku sampai tercampur benar.
  2. Larutkan SOC 1 tutup (untuk 10 kg bahan) ke dalam air secukupnya dan tambahkan gula pasir sebanyak 2 sendok makan, lalu diamkan selama 15 menit
  3. Lalu campurkan ke semua bahan sampai rata (gunakan semprotan/sprayer agar lebih merata)
  4. Campur bahan sampai benar-benar merata dan dalam keadaan mamel , kemudian diteruskan proses fermentasi selama 24 jam.
  5. Pakan siap diberikan pada lele.
  6. Agar lebih awet cetak pelet dengan menggunakan gilingan daging dan dijemur sampai kering pada hari itu juga.
Semua bahan dalam bentuk tepung dan kering kecuali ampas tahu/bungkil kedelai harus dalam kondisi basah yang berguna sebagai perekat. Ampas tahu dan tepung bulu ayam ini juga berguna agar pelet bisa mengapung. Tambahkanlah tepung kepala udang untuk membuat ikan lele menyukai pelet tersebut, karena aroma tepung kepala udang sangat disukai oleh ikan lele. Apabila akan menggunakan tepung ikan lain, disarankan untuk memakai ikan rucah,karna selain bahannya mudah dicari juga kalau pun beli harganya akan murah.silahkan klik disini untuk pemesanan SOC

Baca juga : Cara budidaya ikan nila

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar