Rabu, 18 Maret 2015

Bahan - bahan untuk membuat pakan fermentasi sapi

Bahan yang baik untuk dibuat pakan fermentasi sapi sangatlah banyak untuk kita dapatkan,tetapi yang utama adalah carilah bahan atau limbah disekitar kita yang kurang dimanfaatkan maksudnya agar stock pakan selalu tersedia juga seandainya harus kita beli harga nya akan sangat murah bila dibandingkan dengan harga pakan pabrik,melalui artikel ini kami akan membahas tentang bahan-bahan untuk membuat pakan fermentasi sapi.

Bahan -bahan untuk membuat pakan fermentasi sapi

 Tujuan utama dalam melakukan fermentasi pakan sapi adalah sebagai langkah efisiensi dalam penyediaan bahan pakan sapi, juga untuk meningkatkan kualitas pakan serta kualitas dari ternak itu sendiri ,artinya dengan biaya seminimal mungkin baik itu dalam pembelian bahan pakan atau biaya tenaga kerja tetapi akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar.ketersediaan bahan pakan atau hijauan yang sangat kurang menjadikan pola atau cara fermentasi menjadi berkembang pesat karna pola fermentasi menjadi solusi satu-satunya didalam meningkatkan hasil peternakan,berikut ini adalah bahan - bahan untuk membuat pakan fermentasi sapi ,diantaranya :

  • Tangakai Jagung kering, disini tidak terbatas hanaya pada tangkai jagung saja, tapi dau jagung serta kulit jagung yang sudah kering dapat dijadikan makanan sapi (ternak ruminansia) setelah melalui proses fermentasi
  • Tongkol Jagung yang  biasanya dibuang dengan dibakar. Tongkol jagung ternyata memiliki serat dan kandungan protein yang dapat dijadikan makanan ternak sapi, setelah dilakukan fermentasi. Fermentasi tongkol jagung terbaik adalah fermentasi tongkol jagung yang sudah di pecahkan (bukan ditepungkan).
  • Tangkai padi (jerami), dikala musi panen padi ketersediaan jerami sangat melimpah, jerami juga jarang dimanfaatkan oleh petani untuk pakan ternak mereka, jerami ini biasanya haya dibuang dan dibakar. Jerami adalah salah satu limbah pertanian yang paling mudah difermentasi.
  • Ampas kulit kopi, kulit kopi memang lunak dan disukai oleh ternak jadi tanpa proses fermentasi sekalipun ampas kulit kopi ini dapat diberikan secara langsung kepada ternak.
  • Kulit kakao (cokelat), kulit cokelat ini juga salah satu limbah pertanian yang disukai ternak, tapi kulit kakao tidak baik bila diberikan begitu saja kepada ternak sapi, ada zat kitin yang sulit dicerna oleh lambung sapi pada kulit kakao. Untuk itu sebaiknya kulit kakao difermentasikan terlebih dahulu sebelum diberikan pada ternak sapi.
Rumput tua atau rumput yang sudah kering (rumput gajah atau rumput lapangan) selama ini banyak terbuang sia-sia karna hampir semua ternak kurang menyukai rumput tersebut,tetapi dengan adanya pola fermentasi maka alangkah baiknya jika rumput yang sudah tua ini difermentasikan dan disimpan, jadi saat musim paceklik para peternak tidak kesulitan dalam memperoleh pakan ternak atau manfaatkanlah disaat limbah pertanian sedang berlimpah untuk stock pakan di musim kemarau.atau untuk pembuatan pakan ikan lele

Diatas sudah kita bicarakan tentang beberapa limbah pertanian yang dapat dijadikan bahan untuk membuat pakan fermentasi sapi dan ruminansia (kambing,domba,kerbau,dll). Untuk cara fermentasi makanan ternak silahkan lihat disini.

1 komentar:

  1. nice post gan... nambah info nih
    ====================================
    Kubah Masjd Murah hanya ada di, Mahkota Kubah dot net
    or free backlink4u click on INDpati

    BalasHapus