Tuesday, April 21, 2015

Cara membuat pakan lele apung

Cara membuat pakan lele apung

Cara membuat pakan lele apung

 


Cara membuat pakan lele apung - Setelah sebelumnya kami bahas tentang cara membuat pakan lele dari kotoran ternak,kali ini kami akan memberikan cara paling sederhana untuk membuat pakan lele apung,jenis pakan ikan lele apung ini biasa dipakai peternak ikan lele yang berusia 30 hari sampai masa panen,sedangkan bahan baku utama yang akan kita gunakan disini masih memanfaatkan limbah atau kotoran ternak yang banyak disekitar kita.

Dari sekian banyak kotoran ternak (sapi,kambing,ayam,dll) yang belum dimanfaatkan secara oftimal maka melalui artikel ini kami akan memberikan tips mengolah kotoran ternak menjadi pakan ikan yang berkualitas.

Catatan : bahwa kotoran ternak yang paling baik adalah kotoran dari ternak yang sudah menggunakan pakan pola HCS atau pakan fermentasi dengan SOC,karna mempunyai kandungan yang dapat memicu pertumbuhan mikro plankton yang sangat berlimpah dan memikili gizi tinggi.

Berikut adalah cara membuat pakan lele apung dengan bahan utama dari kotoran ternak

  1. Feses ternak 30% (Feses yang sangat baik adalah dari ternak yang pakannya dengan SOC)
  2. Ampas tahu/bungkil kedelai 15%
  3. Tepung ikan (bisa pakai kepala udang) 10%
  4. Katul/dedak halus 25%
  5. Terasi (direbus hingga mendidih) 10%
  6. Tepung daun (bisa pakai sisa sayuran pasar) 5%
  7. Bulu ayam (haluskan) 5%
  8. Suplemen Organik Cair ( SOC )
  9. Gula pasir

 Cara pembuatannya


Siapkan bahan baku untuk pembuatan pakan ikan lele dengan komposisi seperti diatas lalu campurkan semua bahan baku tadi sampai benar - benar semua bahan baku diatas dapat tecampur dengan baik,lalu larutkan SOC 1 tutup (untuk 10 kg bahan) ke dalam air secukupnya tambahkan gula pasir sebanyak 2 sendok makan diamkan selama 15 menit lalu campurkan ke semua pahan sampai rata dan setelah dicampur dalam keadaan memel diteruskan proses fermentasi selama 24 jam. pakan siap diberikan pada lele. agar lebih awet cetak pelet dengan menggunakan gilingan daging dan dijemur sampai kering pada hari itu juga.

Tepung kepala udang dapat menjadikan pakan ikan yang kita buat memiliki aroma yang sangat disenengi oleh ikan atau menambah npsu makan ikan bertambah,dan pendapat dari peternak ikan gunakanlah ikan biasa atau rucah (ikan yang kurang dimanfaatkan) sebagai tepung ikannya dengan cara dikeringkan terlebih dahulu lalu dibuat tepung.

Sekian tips dari kami tentang cara pembuatan pakan ikan lele apung semoga dapat menjadi solusi dalam mengatasi harga pakan ikan yang saat ini sangat mahal,KLIK DISINI untuk cara pemesanan SOC

No comments:

Post a Comment