Rabu, 01 April 2015

Memanfaatkan kotoran kambing untuk pakan ikan

Memanfaatkan kotoran kambing untuk pakan ikan

Pakan ikan dari kotoran kambing

Kotoran kambing untuk pakan ikan > kotoran ternak atau kambing yang selama ini banyak dipakai pupuk pada pertanian juga sangat baik apabila kita manfaatkan pakan ikan budidaya terutama kotoran kambing yang dikembangkan melalui pola organic,seperti pemeliharaan kambing dengan pola HCS.kotoran kambing dengan pola HCS akan memicu pertumbuhan mikro plankton sebagai pakan ikan.

Apabila pada kolam / tambak pertumbuhan mikro plankton sangat cepat dan berlimpah maka sudah dapat dipastikan petumbuhan ikan secara alami akan lebih cepat, karna kebutuhan pakan ikan akan terpenuhi dan panen pun akan lebih cepat dengan hasil yang berlimpah.

Kolam yang mempunyai limpahan plankton akan dapat menekan atau mengurangi biaya pakan juga dapat memper cepat waktu panen sehingga akan lebih meningkatkan hasil atau keuntungan,oleh karna itu budidaya ikan dengan pola HCS menjadi solusi tepat dalam mengatasi tingginya harga pakan ikan saat ini.

Untuk persiapan kolam / tambak sebelum kita pelihara ikan sebaiknya semprot dahulu dengan Suplemen Organik Tanaman ( SOT ) pada lahan kering sebelum diberi air, tungggu 3-6 hari lalu diairi seperti biasa.

Tambak / kolam  yang telah diisi bibit, akan sangat bagus jika permukaan air di semprot Suplemen Organic Cair ( SOC ) untuk memicu pertumbuhan micro plankton.

Bagi para peternak ikan lele beranggapan bahwa kotoran kambing yang telah difermentasi terlebih dahulu adalah solusi tepat dan murah sebagai pengganti pelet untuk pakan ikan lele organik.dan kotoran kambing  yang baik untuk pakan ikan adalah hasil atau kotoran dari kambing yang sudah mengkonsumsi produk HCS,terlebih dahulu kotoran kambing dikeringkan, selanjutnya kotoran kambing di semprot pakai SOC hingga rata, setelah rata kotoran kambing yg tadi disemprot pakai SOC ditutup rapat sampai 1 x 24 jam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar